18 Okt 2015

Cara diet cepat dalam semingu

Cara diet cepat dalam seminggu kini menjadi salah satu trending topik di semua kalangan. Baik pria maupun wanita yang memiliki masalah berat badan tentu menginginkan tips ini demi mendapatkan berat badan yang ideal. Menurunkan badan ada berbagai cara baik melalui cara yang umum seperti olahraga, ada pula cara-cara yang lebih spesifik lagi untuk diet atau menurunkan berat badan dalam seminggu.

Untuk cara yang lebih spesifik, disini akan kita bahas tentang pola makan dan mengatur menu dalam menjalankan program diet cepat dalam seminggu. Ada banyak sekali makanan yang dapat membatu program diet. Namun semua itu kembali pada anda dalam mengatur pola makan itu secara disiplin atau tdak. Umumnya dalam mengatur makanan dalam menjalankan program diet, beberapa makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak akan banyak dikurangi dari porsi biasanya. 

Cara diet sehat
Diet sehat adalah pilihan terbaik bagi anda karena tidak harus memfokuskan diri untuk menahan lapar selama berjam-jam atau bahkan seharian seperti halnya orang puasa. Diet yang baik dan benar adalah dengan tetap mengkonsumsi makanan sehingga proses metabolisme tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Begitu juga sebaliknya jika anda menahan lapar maka metabolisme tubuh akan terganggu dan tidak seimbang. Dampaknya justru membawa masalah baru bagi kesehatan pencernaan dan tubuh anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang bisa anda jadikan menu sehari-hari sebagai cara diet cepat dalam seminggu.
  • Semua jenis buah berry
    Jenis buah berry untuk diet cepat memang menjadi pilihan utama. Selain mengandung kadar antioksidan yang tinggi, buah jenis berry sangat bagus dikonsumsi untuk membantu mengikat dan membakar kalori berlebih didalam tubuh. Beberapa buah jenis berry yang bisa anda konsumsi adalah Stroberi, Gojiberry, Blueberry, Blackberry, Rasberry. Semua buah tersebut memiliki kurang lebih 50 kalori per cangkir sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk membantu dan melancarkan program diet cepat anda.
  • Sayuran
    Jenis sayuran yang bisa anda konsumsi adalah jenis sayur berserat tinggi seperti brokoli, wortel, buncis, slada. Semua sayuran itu bisa anda siasati dengan cara mengolah menjadi salad. Dalam mengkonsumsi salad anda tidak perlu khawatir terhadap kandungan minya dan beberapa mayonaise didalamnya. 
  • Telur
    Saat anda diet bukan berarti anda tidak boleh makan telur. Justru telur yang dikonsumsi pada saat diet itu sangat bagus untuk menjaga asupan gizi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Sehingga anda akan terlihat lebih energik dan produktif dalam segala hal. Sebaliknya jika anda mengurangi porsi makan, maka akan berpotensi menimbulkan kantuk dan rasa malas. Sehingga dari kurangnya aktivitas yang anda jalani inilah yang akan menghambat proses diet anda
  • Susu & Yogurt
    Saat diet tetaplah mengkonsumsi susu sebagai penyeimbang kebutuhan dan kucukupan nutrisi dalam tubuh. Sehingga tubuh anda akan tetap terjaga dan lebih fit.
  • Jenis kacang-kacangan
    Anda tetap boleh makan jenis kacang-kacangan. Kacang yang mengandung niasin dan folat. Kacang tanah juga mengandung thiamin, vitamin E, asam pantotenat, vitamin B6 dan riboflavin. kacang tanah memberikan kontribusi sebesar 567 kalori. Kacang  tanah juga sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, namun sangat rendah kolesterol dan sodium. Kandungan zat dalam kacang tersebut sangat berguna bagi tubuh.
Cara mengatur jadwal menu diet cepat dalam seminggu
Hari ke 1 – 3
Hari pertama  hingga hari ke 3 anda melakukan diet, sebaiknya anda cukup makan buah dan sayur. Hindari makan buah pisang karena memiliki kandungan karbohidrat padat. Mungkin ini agak berat dan memerlukan adaptasi tubuh secara baik ketika melakukan pola makan yang langsung berubah. Buah dan sayur berguna untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbanyak kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk salad atau dimodifikasi seperti yang anda mau. Namun jika anda merasa ada yang kurang enak dalam tubuh anda dengan pola makan yang baru, anda bisa menambahkan roti gandum sebagai pengganti nasi. Perbanyak minum air untuk menjaga anda dari dehidrasi

Hari ke 4 – 5
Pada hari ke empat dan kelima, anda bisa menggunakan menu yang berbeda. Untuk mengimbangi asupan gizi dalam tubuh anda bisa mengkonsumsi Roti +telur+Buah pada pagi hari. Sedangkan pada siang hari anda bisa mengkonsumsi kentang dan salad buah atau sayur + yogurt (jika ada). Anda bisa mengkonsumsi ice cream namun itu hanya cukup sekali dalam 1 hari. Hindari juga makan makanan yang terlalu manis dan mengandung kadar glukosa yang tinggi. Sekali lagi hindari makan buah pisang. Pada malam hari anda cukup mengkonsumsi salad sayur namun hindari makan jenis kacang-kacangan dan jenis minuman dingin. Tetap minum air secukupnya untuk menghindari dehidrasi

Hari ke 6 – 7
Pada hari ke enam dan ke 7 anda bisa mengkonsumsi Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti telur dan seafood. Namun takaran porsinya cukup 1/4 dari biasanya anda makan sebelum melakukan program diet. Makanan yang mengandung protein ini dikonsumsi diujung hari untuk menjaga asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap terjaga. Menu diet sehat dengan memakan protein dilakukan diujung hari dengan alasan karena anda akan kembali pada jadwal yang pertama keesokan harinya yaitu dengan hanya mengkonsumsi buah dan sayur. Jika anda sudah terbiasa menjadi vegetarian itu adalah hal yang bagus tanpa makanan jenis seafood. Namun jika anda bukan seorang vegetarian, anda dilarang makan makanan tersebut pada malam hari . Hal itu dikarenakan pada malam hari sistem pencernaan dalam tubuh mengalami penyerapan sari makanan secara baik, jika tidak diimbangi dengan aktivitas maka resiko berat badan bertambah sedikit sangat memungkinkan.
Catatan: Hindari minuman bersoda dan minuman dingin selama anda menjalankan program diet sehat. Minuman dingin bisa anda minum saat aktivitas anda benar-benar membakar kalori seperti olah raga atau aktivitas yang menguras keringat.
Demikian beberapa daftar menu diet sehat yang bisa anda coba untuk memulai program diet sehat anda. Utamakan untuk tetap memperhatikan pola makan dan menu sesuai jadwal untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sebagai tambahan hindari makanan yang berbahan pengawet atau camilan makanan ringan selama anda menjalani program diet tersebut.

Artikel Terkait

Cara diet cepat dalam semingu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email