11 Apr 2016

Tips membuat minuman detox yang enak dan segar

Ketika Anda menyajikan aneka buah dan sayur sebagai bekal konsumsi sehari-hari, Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana melakukan detoks. Buah dan sayur merupakan komponen utama untuk proses detox yang bisa anda gunakan. Tingginya kandungan serat dan vitamin didalam buah dan sayur menjadikan keduanya sebagai solusi ampuh sebagai sarana detoksifiaksi tubuh.

Minuman detox memang terdiri dari berbagai kombinasi buah dan sayur yang di olah menjadi sebuah minuman alami. Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukai minuman detox tersebut karena rasa dan aromanya. Memang benar bahwa beberapa minuman detox ada yang memiliki rasa dan aroma yang kurang disukai. Hal ini lah yang membuat seseorang kadang enggan membuat minuman detoks sendiri. 

Baca: Minuman detox dengan rasa enak dan segar

Dengan alasan karena faktor rasa, pada artikel ini akan dibahas mengenai tips yang bisa anda coba dirumah bagaimana membuat minuman detox yang enak dan segar.
  1. Membuat minuman detox dari buah cherry.
    Anda bisa membeli beberapa buah cherry untuk dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat minuman detoks. Caranya adalah: Blender buah cherry tersebut dengan ditambahkan air secukupnya. Berikan sedikit gula jika anda rasa perlu rasa manis. Namun ingat jangan terlalu banyak menambahkan gula, biarkan rasa alami tetap mendominasi pada jus cherry tersebut. Jangan lupa tambahkan sedikit lemon sebagai kombinasi aroma yang menyegarkan.
  2. Minuman detoks dari lemon.
    Siapkan beberapa buah lemon segar antara 1 - 2 buah. Peras keduanya untuk mendapatkan sari buah lemon tersebut. Kemudian tambahkan sedikit gula dan jangan terlalu manis. Berikan sedikit garam untuk sedikit mengurangi rasa masam yang berlebihan dari lemon.
  3. Minuman detox kombinasi buah dan sayur.
    Anda juga bisa mengkombinasikan antara buah dan sayur sebagai minuman detox sehari-hari. Kombinasi ini tentu akan memiliki kombinasi rasa yang unik. Jika menurut anda rasa dan aroma kombinasi keduanya tidak enak, tambahkan dengan buah-buahan yang memiliki tingkat aroma yang lebih kuat untuk mendominasi aroma. Anda bisa tambahkan lebih banyak buah lemon, nanas, jeruk nipis atau melon. Sebagai catatan jika anda menambahkan banyak sayur seperti brokoli, maka hindari menambahkan buah melon terlalu banyak, karena keduanya jika dicampur justru akan menimbulkan rasa amin dan eneg.
  4.  Buat Infused Water
    Infused water adalah rendaman buah segar dalam sebuah wadah dan dibiarkan selama bebrapa jam atau bahkan hingga 12 jam. Untuk membuat Infused Water pilih buah yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Hal ini dikarenakan untuk menghindari perubahan aroma jika buah tersebut dibiarkan dalam rendaman dalam waktu yang cukup lama.
Baca juga: Manfaat detox untuk tubuh

Itulah beberapa tips untuk membuat minuman detox yang enak dan segar. Anda bisa menyajikan minuman itu dalam keadaan dingin agar menjadi lebih segar. Konsumsi minuman detox setiap hari setiap pagi dan sore sebagai bagian dari proses detoksifiaksi tubuh untuk menetralisir racun yang mengendap. Jika Anda rajin minum minuman detox anda tidak akan lagi berteman dengan program diet anda. 

Artikel Terkait

Tips membuat minuman detox yang enak dan segar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email