11 Apr 2016

Si kecil atau buah hati mendapat nilai merah disekolah, apa yang harus dilakukan?

Buah hati kehadirannya didunia akan selalu dinanti oleh siapapun yang sudah menikah dan membina keluarga. Bahkan semua kasih sayang orang tua akan diberikan hanya untuk kebahagiaan sang buah hati. Dengan harapan sang buah hati bisa tumbuh menjadi yang terbaik baik dirumah, lingkungan dan disekolah. Namun bagaimana jika harapan itu meleset dan sang buah hati jauh dari apa yang diharapkan oleh orang tua? mendapat nilai Merah disekolah?

Melalui artikel kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana menyikapi sang buah hati jika mendapatkan nilai merah disekolah.
  1. Bantu sang buah hati untuk bangkit
    Ketika mendapat nilai merah secara tidak langsung sang anak akan kecewa karena merasa dirinya tidak sama seperti teman-temannya. Perasaan minder tentu akan memengaruhi mentalnya. Dalam hal ini saatnya anda membantunya untuk bangkit dengan memberikan pelukan dan yakinkan padanya bahwa dia tetap yang terbaik dimata kedua orang tuanya.
  2. Berikan sugesti bahwa apa yang didapat adalah sebuah konsekwensi
    Mengajarkan anak untuk berfikir mandiri memang sedikit sulit. Ya.. karena kita tahu masih ada keterbatasan daya cerna sang anak atas apa yang kadag orang tua sampaikan. Sedikitnya berikan dia untuk memberikan pengertian tentang hukum sebab-akibat. Kemudian tanyakan padanya atas apa yang didapat adalah hasil dari sebab yang dia lakukan. Jangan hanya berhenti disitu, berikan motivasi tambahan untuk meningkatkan kemandirian anak dengan menaruh kepercayaan akan keberhasilanya dikemudian hari.
  3. Maafkan dia
    Dengan nilai merah yang didapat, tentu sang anak akan merasa takut dimarahi, malu, dan shock atas apa yang didapat. Dalam hal ini anda harus mengambil sikap memaafkan atas apa yang diperbuat. Anda bisa memberikan pelukan untuk menenangkannya. Jangan lupa dengan perlahan tuntun sang anak untuk melihat nilainya dan berikan masukan atas apa yang harus dia kerjakan untuk mendapat nilai yang optimal.
  4. Berikan kepercayaan padanya
    Semua orang tentu akan merasa bangga jika diberikan kepercayaan oleh seseorang. Begitu juga sang anak akan merasa bertanggung jawab jika sedikit diberi kepercayaan atas keterpurukannya untuk bangkit dan menyelesaikan permasalahanya. Namun tetap berikan tuntunan agar semua yang didapat sang anak bisa berjalan terarah pada hal yang positif.
  5. Tetap tersenyum dan hargai apa yang sudah didapatKesalahan sang anak juga kesalahan orang tua atas bagaimana mereka membentuknya. Maka dari itu tetap memberikan senyuman atas apa yang didapat tentu akan membuat sang anak merasa sedikit tenang. Ketika sang anak mulai tenang dan mau bercerita, tanyakan atas kesulitan-kesulitan yang dia hadapi hingga dia mendapat hasil yang kurang memuaskan disekolah.
Bagaimanapun juga sang buah hati akan selalu membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya untuk perkembangan mental dan karakternya. Oleh karena itu peran orang tua tentu menjadi hal  yang vital dalam perkembangan sang anak kedepannya.

Artikel Terkait

Si kecil atau buah hati mendapat nilai merah disekolah, apa yang harus dilakukan?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email