14 Jun 2015

Keputihan berbau dan berwarna coklat, berbahayakah..?

cara mengobati keputihan berbau busuk
Hampir semua wanita pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan bisa dialami wanita baik tua maupun muda. Umumnya wanita bisa mengalami keputihan jika dia sudah memasuki masa menstruasi. Ini disebabkan oleh faktor hormonal yang tidak seimbang saat mengalami menstruasi.

Umumnya keputihan bisa dialami oleh wanita berusia antara 15 - 40. Mereka yang mengalami keputihan akan merasa sangat terganggu. Keputihan menyebabkan bau yang tidak sedap, gatal disekitar area kewanitaan dan mengurangi rasa percaya diri pada pasangan.

Bagaimana jika keputihan berbau dan berwarna coklat, berbahayakah..?

Keputihan umumnya hanya berupa cairan bening yang keluar melalui vagina. Penyebab adanya keputihan adalah disebabkan oleh jamur atau bakteri didalam organ kewanitaan atau bisa disebabkan adanya sekresi vagina atau luka didalam vagina. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa organ kewanitaan sangat rentan terhadap bakteri dan jamur pemicu keputihan. 

Jika keputihan berwarna coklat dan berbau, anda sebaiknya waspada. Keputihan yang menimbulkan bau tidak sedap bisa disebabkan oleh bakteri yang merugikan dan ketidak seimbangan (ph) balance dalam vagina. Akibat ketidak seimbangan inilah yang memicu keputihan menjadi ancaman menimbulkan berbagai jenis penyakit seksual yang menular. Untuk kadar bahaya masih sangat minim karena pada dasrnya keputihan bisa dicegah dan diobati jika segera ditangani sejak dini.

Bagaimana cara mencegah keputihan agar tidak terjangkit?

Yang Perlu di perhatikan mengenai keputihan ini adalah:
  1. Membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
  2. Membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil.
  3. Hindari penggunaan sabun vagina secara berlebihan.
  4. Hindari saling tukar celana dalam meskipun saudara atau satu keluarga.
  5. Lebih berhati-hati ketika menggunakan sarana toilet umum.
  6. Selalu gunakan air yang bersih untuk membilas vagina.
  7. Hindari penggunaan celana dalam yang ketat. Ini bertujuan agar area diseputar vagina mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Terutama saat tidur malam hari.
  8. Hindari gonta-ganti pasangan saat berhubungan intim.
  9. Jangan menggunakan handuk bergantian.
  10. Jalani pola hidup sehat, makan, istirahat, tidur secara teratur
Keputihan bisa dicegah asal bisa menjaga dan memperhatikan kebersihan tubuh serta lingkungan sekitar. Keputihan berbau dan berwarna coklat tidak akan menjadi berbahaya jika segera dilakukan penanganan sejak dini. Bagi wanita yang sudah bersuami diharuskan setiap 1th sekali melakukan papsmear vagina untuk menghindari terjangkit jamur dan bakteri didalam vagina.

Artikel Terkait

Keputihan berbau dan berwarna coklat, berbahayakah..?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email