5 Jun 2015

Makanan pantangan bagi penderita kista ovarium

Makanan pantangan bagi penderita kista ovarium adalah hal yang perlu diketahui oleh para wanita. Hal ini dikarenakan banyaknya perihal gejala awal dari kista ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Sudah menjadi hal umum bahwa di era modern ini kita disuguhkan dengan berbagai hal yang cenderung dapat merugikan kesehatan jika tidak hati-hati. Utamanya adalah dalam urusan makanan. 

Makanan yang menyebabkan kista bisa kita hindari jika kita bisa memilihnya. Memilih makanan tentunya harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan hanya karena merasa ingin makan sesuatu lantas kita mengesampingkan resiko yang akan terjadi nanti.

 
Wanita begitu mengkhawatirkan jika dalam ovarium tumbuh kantung berisi cairan atau yang biasa disebut sebagai kista ovarium. Benar.. dampak kista ovarium memang mempengaruhi kesuburan dan memungkinkan akan mengalami sulit hamil. Hal ini dikarenakan sel kista menempel pada dinding ovarium dan merusak sel yang baik sehingga proses pembuahan tidak akan berjalan normal. Hal utama yang perlu dilakukan untuk pencegahan adalah menentukan gaya hidup anda. Mulailah dengan gaya hidup sehat termasuk dalam hal memilih makanan yang hendak anda konsumsi. Berikut ini beberapa contoh makanan pantangan bagi penderita kista ovarium
  1. Kategori buah: Hindari buah buahan seperti durian, nangka, duku, lengkeng dan nanas
    Buah-buahan memang sangat penting bagi tubuh, namun tidak semua buah memiliki sisi positif bagi penderita kista. Jenis buah diatas termasuk nangka dan lengkeng harus dihindari. Dikarenakan buah tersebut mengandung zat yang dapat mengembangkan sel kanker. Demikian juga dengan durian, nanas dan duku. Buah tersebut mengandung kadar alkohol. Hindari mengkonsumsinya karena berpotensi mengembangkan sel kanker
  2. Kategodi sayur: Hindari sayuran tauge, Sawi putih dan kangkung
    Jenis sayuran seperti tauge, sawi putih dan kangkung sebaiknya anda hindari. Makanan tersebut diindikasi mampu memicu pertumbuhan sel dengan cepat. Jika anda mengalami kista dan mengkonsumsi sayuran tersebut dikhawatirkan sel kista akan berkembang dengan lebih cepat dari biasanya.
  3. Hindari minuman bersoda dan beralkohol
    Minuman bersoda dan beralkohol harus dihindari. Kandungan kimia yang terdapat pada soda dan kandungan alkohol bisa memicu perkembangan sel kanker lebih cepat.
  4. Daging unggas
    Daging unggas yang dimaksud adalah daging hewan ternak yang diberi makan dengan makanan pengawet (pelet). Daging tersebut tentu tidak lagi sehat karena kontaminasi dalam penyerapan asupan makanan yang dicerna oleh hewan tersebut.
  5. Makanan yang diawetkan
    Tak diragukan lagi jika makanan berbahan pengawet bisa memicu kanker dan mengembangkan sel kanker lebih cepat. sebaiknya anda hindari.
  6. Makanan yang digoreng / gorengan
    Gorengan, ini adalah makanan yang banyak memiliki penggemar. Memang teksturnya yang renyah sangat menggoda. Tapi tahukan anda bahwa gorengan itu sebenarnya tidak sehat. Hal ini dikarenakan minyak yang dipanaskan terlalu tinggi bisa mengubah kandungan minyak tersebut menjadi toxin (racun).
  7. Makanan seafood
    Makanan seafood rata-rata memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama dalam kandungan protein. Namun bagi penderita kista, hal ini perlu dihindari. Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi. Namun jumlahnya yang mesti dikurangi. Banyaknya jumlah protein yang masuk dalam tubuh bisa memicu perkembangan sel kanker menjadi lebih cepat tent halini tidak baik bagi penderita kista ovarium.
Demikian beberapa uraian mengenai makanan pantangan bagi penderita kista ovarium. Dengan menghindari beberapa makanan tersebut diatas adalah langkah terbaik untuk pencegahan perkembangan sel kista ovarium. Selebihnya lakukan penanganan medis untuk penyembuhan. 

Artikel Terkait

Makanan pantangan bagi penderita kista ovarium
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email