14 Okt 2015

Ciri-ciri seseorang mengalami kanker prostat

Kanker prostat bisa disebut suatu gangguan yang dialami pria berusia diatas 40 tahun. Pada dasarnya permasalahan mengenai prostat sudah banyak di ulas di beberapa rubrik kesehatan lainnya. Namun hal ini masih menjadi fenomena tersendiri bagi kalangan pria. Bagi seorang pria sangat perlu untuk mengetahui apa itu kanker prostat dan gejalanya. Ada dua versi dalam menentukan masalah prostat, yaitu bagaimana gejalanya dan bagaimana dampaknya.

Gejala kanker prostat biasanya ditandai dengan adanya tanda yang tidak nyaman disekitar area vital pria. Kadang terasa nyeri bahkan hingga sakit. Sedangkan dampaknya adalah menurunnya aktivitas seksual pria secara signifikan yang dikarenakan ketidak nyamanan yang dialami ketika mengalami gejala kanker prostat.

Kabar baiknya adalah saat ini ada beberapa cara untuk mendeteksi apakah seseorang sedang mengalami kanker prostat atau hanya masih gejalanya saja. Deteksi dini kanker prostat lebih baik karena bisa sangat ditangani melalui metode penanganan yang benar secara medis.

Dengan mengetahui atau deteksi dini adanya gangguan prostat maka potensi adanya gangguan yang lebh serius bisa segera ditangani. Berikut ini adalah cara mencegah atau metode deteksi dini kanker prostat.

Lakukan tes PSA - test (Prostate Specific Antigen - test). Tes ini digunakan untuk mengukur jumlah protein dalam darah. Semakin tinggi kadar protein didalam darah makan kemungkinan adanya kanker prostat semakin tinggi.

Cara lain untuk mendeteksi adanya gangguan kanker prostat melalui air seni adalah berikut ini;
  • Intensitas buang air seni lebih sering dari biasanya
  • Setelah buang air seni terasa seperti tidak habis-habis dan masih ada yang tersisa
  • Air kencing bercampur nanah atau darah
  • Terasa ada yang menghambat saat pertama kali air kencing keluar
Itu adalah beberapa ciri-ciri umum yang bisa di deteksi adanya gangguan prostat. Selain tanda-tanda adanya gangguan prostat melalui deteksi air kencing, ada juga yang bisa di deteksi dari proses hubungan intim. Berikut ini beberapa gejala adanya kanker atau gangguan prostat saat berhubungan intim.
  • Terasa sakit saat ejakulasi
  • Ereksi terhenti saat pada proses hubungan intim
  • Disekitar kantung kemih terasa sakit saat lepas ejakulasi
  • Pada area pinggul terasa pegal dan sakit setelah selesai berhubungan intim
Deteksi dini adanya gangguan kanker prostat membuat anda bisa melakukan penanganan secepatnya. sebaiknya anda tidak menyembunyikan hal tersebut dari pasangan anda. Berbicara jujur untuk memecahkan masalah yang anda alami bersama pasangan anda akan semakin membantu dalam mencari solusinya. Meskipun terkesan mengecewakan, namun anda sudah jujur bahwa dibalik semua itu anda tidak ada keinginan sedikitpun untuk mengecewakan pasangan anda di ranjang. Justru sebaliknya dengan pengakuan anda inilah yang menguatkannya.

Tips untuk mengatasi masalah gangguan atau kanker prostat yang sudah memiliki tanda-tanda seperti diatas adalah Anda tidak perlu panik jika mengalami masalah yang disebutkan seperti ciri-ciri diatas karena kanker prostat jika sudah bisa di deteksi dini tidaklah seganas seperti kanker yang lainnya.
  • Perbanyak konsumsi air putih dan hindari minuman beralkohol.
  • Berhentilah merokok jika anda mengalami hal seperti itu. Kandungan nikotin yang terkandung dalam rokok bisa memicu impotensi.
  • Periksakan secara rutin pada dokter spesialis tentang kesehatan organ reproduksi anda agar mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

Artikel Terkait

Ciri-ciri seseorang mengalami kanker prostat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email