15 Nov 2015

Tidur telanjang, ternyata banyak memberikan manfaat.

Apa manfaat tidur telanjang? Secara umum, tidur merupakan aktivitas dimana tubuh berada dalam keadaan rileks dan nyaman sehingga akan membantu tubuh anda menjadi lebih bugar dan menyehatkan. Tidak hanya itu, tidur juga memiliki kualitas apakah kualitasnya baik atau kurang baik. Agar kualitas tidur menjadi baik maka diperlukan beberapa syarat bagi sebagian orang diantaranya dengan kondisi ruangan yang sejuk, cahaya lampu yang redup, adanya alunan music yang terdengar sayup, atau dengan nuansa suara kemercik air taman. Dalam menciptakan kualitas tidur tentu setiap orang memiliki versi yang berbeda.

Itu adalah beberapa contoh atau syarat untuk menciptakan suasana tidur yang berkualitas. Sehingga tidur anda menjadi nyenyak dan membuat tubuh anda lebih fit dari sebelumnya. Namun pernahkah anda tidur telanjang? Tidur telanjang merupakan penemuan baru dalam dunia kesehatan untuk membantu kebugaran tubuh. Ada beberapa manfaat tidur telanjang bagi kesehatan yang perlu anda ketahui bersama pasangan anda.
  1. Orang tidur telanjang atau tanpa busana akan memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidur sambil memakai baju. Mengapa demikian? seseorang yang tidur telanjang akan memiliki rasa kebebasan yang lebih banyak dibandingkan dengan yang memakai pakaian. Tidur dengan memakai pakaian akan memungkinkan kain baju terpelintir saat bergerak. Akibatnya tidur menjadi terasa tidak nyaman dan membuat anda terpaksa bangun yang berujung pada sakit kepala. Menurut para peneliti tidur 8 jam sehari adalah tidur yang sangat baik. Selain membuat rileks tubuh juga merupakan porsi standar seseorang ketika tidur hingga bangun.
  2. Tidur telanjang bisa membantu menyeimbangkan kadar melatonin dalam tubuh. Melatonin merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh pada kelenjar pineal. Untuk membantu agar melatonin menjadi lebih seimbang, atur suhu ruangan anda pada angka 22 derajat Celcius. Kemudian tidurlah dengan tanpa menggunakan pakaian atau telanjang agar suhu panas tubuh tidak meningkat atau panas. Hal ini dikarenakan panas tubuh akan mengurangi proses pembentukan melatonin dalam tubuh.
  3. Untuk mengatur level kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hormon ini terlibat dalam respon stres dan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah. Dengan tidur telanjang maka keseimbangan kortisol akan tetap terjaga karena suhu tubuh yang tidak terlalu panas. Apabila level kortisol tidak terjaga maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti kecemasan, stress, sakit kepala.
  4. Bagi pasangan suami istri dengan cara tidur telanjang akan memberikan banyak manfaat dalam aktivitas seksualnya. Tidur telanjang memungkinkan terjadinya sentuhan langsung antar kulit. Sentuhan pada kulit secara terus menerus akan membantu melepaskan hormon oxytocin atau hormon gairah. Umumnya seseorang menyebut hormon ini dengan sebutan hormon cinta. Manfaat oxytocin adalah mengurangi rasa cemas dan stress, mengurangi keinginan mengkonsumsi obat-obatan, meningkatkan kualitas tidur serta membantu memperbaiki gairah pria dan wanita dalam kehidupan seksualnya.
  5. Tidur tanpa busana atau telanjang memberikan manfaat yang lebih besar pada area kelamin. Berdasarkan riset menyebutkan bahwa testis membutuhkan suhu yang sejuk untuk memproduksi kualitas sperma serta memperbaiki sistem reproduksi pria. Bagi wanita tidur tanpa busana atau celana dalam memberikan manfaat yang baik untuk organ kewanitaan. Organ kewanitaan memerlukan suhu yang sejuk dan kering agar tidak terjadi kelembaban. Hal ini dikarenakan kelembaban pada area kewanitaan dapat menyebabkan berkembangnya jamur dan bakteri yang menimbulkan berbagai penyakit seperti keputihan dan mempengaruhi aroma organ kewanitaan. Dengan menjaga area organ intim tetap kering maka akan membuat tidur anda lebih nyaman dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri terhadap pasangan.
Itulah beberapa manfaat tidur telanjang yang bisa anda coba sendiri maupun dengan pasangan anda. Kita memiliki aktivitas yang padat dalam sehari yang membuat beberapa area tubuh menjadi lembab dan tidak sehat sedangkan beberapa area tubuh lainnya memerlukan tindakan yang sebaliknya. Izinkan kulit anda untuk bernafas ketika malam hari agar semua sistem kesehatan tubuh berjalan tetap seimbang.

Artikel Terkait

Tidur telanjang, ternyata banyak memberikan manfaat.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email