16 Nov 2015

Tips agar anak makan lahap dan menyukai menunya

Banyak orang tua utamanya para ibu mengeluh karena sulitnya sang buah hati untuk makan. Sebagai orang tua tentu menyadari pentingnya asupan gizi bagi anak-anak sangat penting apalagi memasuki usia emas. Baik pertumbuhan fisik maupun mental. Melalui makanan lah semua asupan untuk kebutuhan tubuh itu bisa tercukupi. Lalu bagaimana jika sang anak sulit makan..?

Sederhananya adalah, dunia anak-anak adalah dunia yang penuh dilengkapi dengan kebahagiaan dan berbagai hal yang menyenangkan. Baik dari segi lingkungan maupun dari hal yang disukai mereka melalui pandangan. Umumnya anak menyukai hal yang menarik perhatian mereka misalnya warna yang terang dan sesuatu yang lucu. Melalui dari hal yang sederhana itulah dapat kita gunakan untuk membantu mereka menyukai sesuatu sesuai dengan keinginan mereka. 

Dalam hal makanan ada banyak cara untuk menarik perhatian sang anak agar anak suka makan. Berikut ini ada beberapa cara dan tips agar anak makan lahap.

  1. Mengubah bentuk makanannya
    Anak-anak sangat tertarik pada benda asing yang menurut mereka unik. Gunakan pola pikir mereka yang seperti ini untuk memodifikasi makanan dalam bentuk suatu benda, binatang atau tokoh kartun kesukaan mereka. Para bunda tidak perlu repot jika tidak bisa membuatnya. Saat ini banyak dijual bebas berbagai cetakan makanan anak-anak yang menyerupai bentuk tokoh dan idola anak.
  2. Mengalihkan perhatiannya pada makanan
    Ketika anak-anak mulai sulit makan cobalah untuk mengalihkan perhatiannya sbelum memasukkan suapan kedalam mulutnya. Misalnya ajak melihat binatang atau benda-benda disekitar agar perhatiannya teralihkan. Sesudah teralihkan gunakan kesempatan itu untuk memasukkan suapan makanan kedalam mulutnya.
  3. Ajak berkeliling kompleks atau jalan-jalan disekitar rumah
    Seperti halnya pada poin nomor dua. Dengan mengajak anak makan sambil berkeliling kompleks perumahan maka akan menimbulkan rasa suka pada anak sehingga menimbulkan selera makan yang tinggi. Perlu diingat anak mau melakukan sesuatu itu semua tergantung pada mood nya si anak. Jika diajak berjalan keliling kompleks kemungkinan akan bertemu dengan teman sebayanya maka akan membuat selera makannya lebih baik.
  4. Gunakan metode permainan saat menyuapi
    Seorang ibu tentu tidak akan kekurangan akal untuk menyuapi anaknya. Salah satu caranya adalah gunakan metode permainan ketika akan menyuapi sang anak. Misalnya lakukan simulasi pesawat terbang yang mau masuk ke hanggar pesawat dengan menggunakan sendok yang sudah terisi makanan.
  5. Dengan memberikan pujian
    Ketika anak mulai mau makan, berikan pujian dan kasih sayang padanya. Bagi anak tidak ada yang lebih diharapkan lagi selain melihatnya disayangi dan dipuji oleh idolanya (baca: ibunya).
Itulah beberapa cara dan tips agar anak suka makan dengan lahap yang bisa anda terapkan pada buah hati anda. Namun jika anak tidak mau makan lahap dikarenakan faktor lain seperti sakit gigi, sariawan, gusi bengkak atau gangguan mulut lainnya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut secara medis.

Artikel Terkait

Tips agar anak makan lahap dan menyukai menunya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email