9 Apr 2016

Kebiasaan yang bikin payudara kendur

Payudara tidak selamanya akan terlihat kencang. Ada kalanya payudara akan mengalami penurunan atau kendur. Faktor -faktor alami yang menyebabkan payudara kendur antara lain usia/umur atau dalam masa menyusui. Dua hal ini berkontribusi besar yang menyebabkan payudara kendur. Dari dua hal tersebut juga menyebabkan hilangnya elastisitas kolagen pada kulit dan kendurnya jaringan ikat yang menentukan kekenyalan kulit di sekitar payudara. Selain itu faktor yang mempengaruhi payudara turun atau kendur juga dari faktor genetika. Artinya jika anda memiliki ibu dengan payudara kendur, kemungkinan anda juga akan memiliki hal yang sama dengan ibu anda.

Itu merupakan faktor alami yang bisa membuat bentuk payudara berubah. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena manusia juga punya masa dalam menjaga elastisitas kulit. Namun diluar faktor alami tersebut ada juga faktor non-alami yaitu dari kebiasaan sehari-hari yang membuat payudara kempes atau turun. Inilah kebiasaan, yang menurut University of California Los Angels dapat membuat payudara mengalami ‘penuaan dini’.
  1. Diet yoyo
    Diet yoyo, seperti namanya, adalah jenis diet tarik ulur. Beberapa saat Anda diet ketat, kemudian lepas bebas makan apa aja. Diet yoyo menyebabkan berat badan berfluktuasi dengan cepat. “Fluktuasi seperti ini membuat jaringan payudara menjadi cepat kendur,” kata Michael Edwards, MD, seorang ahli bedah payudara dan presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.
  2. Merokok
    Bahaya rokok ternyata dapat ‘merambah’ hingga ke payudara. “Rokok melemahkan jaringan elastisitas kulit dengan cara mengurangi suplai darah ke permukaan kulit," kata Edwards.

  3. Tidak menggunakan tabir surya
    Paparan sinar matahari di  wajah Anda yang tidak dilapisi tabir surya dapat menyebabkan keriput dini. Hal yang sama akan terjadi pada payudara yang tidak dilindungi tabir surya. Kolagen akan rusak  sehingga payudara akan terlihan lebih turun.
  4. Menggunakan bra yang tidak pas
    Setiap kali Anda bergerak, semakin banyak tekanan atau stres yang dialami kulit dan kolagen. Karena itu, Anda membutuhkan alat penopang  atau bra yang baik dan suportif. Hindari memakai lingerie karena daya dukungnya kurang kuat.  Pilihlah bra yang ukurannya pas, baik cup, side band maupun talinya. Jika payudara Anda berukuran besar, pilih bra berkawat dengan tali yang lebar.
  5. Tidur dengan posisi miringPosisi tidur juga mempengaruhi bentuk payudara terutama dalam posisi miring. Pada posisi miring, tubuh hanya ditopang oleh bagian samping tubuh yang sebelahnya. Pada posisi ini payudara menjadi menggantung ke sisi yang rendah. Jika posisi ini dibiarkan setiap ketikan anda tidur, tidak menutup kemungkinan anda akan mendapati bentuk payudara anda menjadi kendur.
  6. Penggunaan bra saat melakukan olahragaKita semua tahu bahwa olahraga memerlukan gerak fisik yang aktif. Dalam kasus penyebab payudara turun bisa disebabkan oleh salah satu olahraga lari. Penggunaan bra yang longgar ketika lari juga bisa menjadi pemicu yang mempengaruhi bentuk payudara anda.
Itulah beberapa penyebab payudara kendur yang harus anda hindari jika ingin memiliki bentuk payudara anda tetap indah dan menawan bagi pasangan anda.

Artikel Terkait

Kebiasaan yang bikin payudara kendur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email