9 Apr 2016

Manfaat minum air hangat setelah bangun tidur

Kita tahu bahwa tubuh manusia terdiri dari 80% terdiri dari air. Karena itulah kita sebagai makhluk hidup tidak pernah lepas dengan yang namanya air. Seperti halnya dalam beberapa tulisan bijak mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan. Saat kita beraktivitas maupun tidur kita tetap memerlukan air. Beberapa fakta menunjukkan bahwa seseorang setelah bangun tidur pasti akan mencari air untuk mengatasi dehidrasi. Air bisa disajikan dalam bentuk dingin atau hangat. Namun pada artikel ini akan kita bahas tentang manfaat minum air hangat setelah bangun tidur.

Perlu kita ketahui bahwa di Jepang, meminum air hangat sesaat setelah bangun tidur telah menjadi gaya hidup yang sudah turun temurun dan sudah menjadi bagian dari sebuah tradisi. Gaya hidup sehat ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Asosiasi Medis Jepang menjalankan terapi air hangat untuk menangani berbagai penyakit kronis. Mereka berhasil menanggulangi penyakit antara lain: sakit kepala, gangguan jantung, badan pegal linu, asma, infeksi saluran kencing, sakit ginjal, diare, konstipasi (BAB), diabetes, penyakit mata, kanker, gangguan menstruasi, epilepsi, arthritis, obesitas/kegemukan, bronkitis, TBC, meningitis, dan THT.

Metode terapi pengobatan:
Begitu Anda bangun tidur, minumlah empat gelas air hangat, sebelum melakukan apa-apa. setelah itu, Anda sikat gigi dan bersihkan mulut, tapi jangan makan-minum hingga 45 menit kemudian. Lalu, 15 menit setelah makan-minum (sarapan) secukupnya, jangan makan-minum apapun selama 2 jam berikutnya.

Perhatikan daftar di bawah ini yang menunjukkan jumlah hari dalam penanganan terapi air hangat ini, yang terbukti menekan dampak penyakit secara signifikan:

1. Konstipasi (susah BAB): 10 hari.
2. Lambung/pencernaan: 10 hari.
3. Darah tinggi: 30 hari.
4. Diabetes (gula darah): 30 hari.
5. Tuberculosis (Tbc): 90 hari.
6. Kanker: 180 hari (6 bulan).

Beberapa manfaat lain minum air hangat sesudah tidur adalah setelah Anda minum air hangat setelah tidur, usahakan untuk tidak minum apapun selama 30 menit.

Hidrasi: Tidak peduli berapa banyak air yang Anda minum sebelum tidur, semuanya digunakan tubuh untuk mengisi ulang cairan.. Jadi, setelah bangun tidur, Anda akan mengalami dehidrasi. Dengan meminum segelas air hangat, akan mengurangi rasa haus, menyediakan energi alami dan memperbarui sel-sel. Terutama sel-sel otak, dimana air bertindak sebagai bahan bakar untuk mempertajam daya ingat.

Menghilangkan racun: Minum air hangat setelah bangun tidur, merangsang pergerakan usus, sehingga melancarkan pencernaan dan membuang racun serta limbah tubuh.
Itulah beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Manfaat minum air hangat setelah bangun tidur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email